Swing Arm Biasa vs Single-sided Arm / Pro Arm
Kenapa sih ada motor pake pro arm sedangkan ada lainnya pake swing arm biasa?
Apa betul pro arm lebih baik dari swing arm?
Apa sih kelebihan dan kekurangan pro arm?
Faktanya (menurut saya lhoooo)
Kelebihan pro arm
1. Gampang ganti velg, karena sejatinya pro arm dirancang dgn tujuan awal utk balap enduro dimana penggantian ban/velg menjadi sangat krusial
2. Tampang lebih keren dan eksotis
3. Bisa ganti sproket tanpa nyopotin velg
4. Nyetel rantai lbh gampang, gk perlu di dua sisi
Kekurangan pro arm
1. Berat, inilah alasan kenapa motor Moto GP gk ada yg pake pro arm
2. Mahal, harganya minimal 2 kali lipat swing arm sekelas, bahkan beberapa bisa super mahal seperti eks MV Agusta, selama "karir" sy sebagai penjual sparepart, baru skali jual pro arm MV Agusta
Lalu apa konsekuensi klo pake pro arm di motor2 indonesia
1. Sesuaikan dengan budget anda, jangan sampe budget modifikasi kesedot semua hanya utk pro arm
2. Cari yang sekiranya populasinya banyak gk hanya di indonesia tp di dunia, supaya gampang cari partnya seperti sproket dan cakram
3. Ingat dengan mesin anda....Seperti sy jelaskan sebelumnya pro arm PASTI BERAT. Saya lebih 20 kali jual pro arm, belum pernah sy tau ada pro arm yg beratnya sama dgn swing arm utk yang muat velg sama lebarnya. Berat berarti mesin butuh kerja lbh keras....Kalau anda sayang dgn mesin anda, hati2 dalam memilih kaki2
3. Hindari potong memotong bagian pro arm. Misal kita pake swing arm biasa, karena motor asli swing arm model H sedangkan swing arm moge kita pake A, sering sekali orang main potong saja biar bisa klop. Tapi hal ini saya sangat tidak menyarankan utk dilakukan di pro arm. Kalau anda potog, pro arm jadi sangat tidak rigid, pdhal tumpuan ke rigid an nya ada di pangkalnya.
4. Sulit cari velg yg pas klo beli gk 1 set
5. Model velg depan dan blakang sering beda, khususnya di pro arm honda, blakang palang 8, depan 6
Ini motor2 yang pake pro arm yg umumnya relatif banyak dipake dan gampang dipake di indonesia
Dari Honda:
1. VFR400
2. NSR250 MC28
3. RVF400
4. BROS 400 (ujung model H)
5. BROS 650 (ujung model H)
6. VFR750
7. VFR800
Dari Ducati:
1. 748
2. 916
3. 996
4. 848
5. Multistrada all series
6. 1098
7. 1198
8. Street fighter
Dari Triumph
1. 955i
2. Speed triple 1050
3. Sprint ST
Itu yang umumnya ada di Indonesia
So pilih mana? pro arm? apa swing arm biasa?
Langganan:
Postingan (Atom)