tips & trik modifikasi yang saya dapatkan dari teman:

  1. KEBUTUHAN
    mau pake velg blakang brp inch. Ini bagian paling penting karena ini bakal jd faktor yg sangat berpengaruh di step selanjutnya.

  2. BUDGET

    Setelah tau kebutuhan velgnya, kita bandingkan, apakah budget kita cukup utk beli swing arm yg muat velg dgn ukuran lebar yg kita kehendaki atau tidak. Disini, anda bisa tanya ke seller yang kompeten yang biasanya udh hafal harga pasaran swing arm yg muat velg yg diinginkan.

  3. MODEL

    Setelah tau kebutuhan mau pake velg brp inch, baru kita tentukan

    a. mau swing arm monoshock apa double shock

    b. mau model "lurus" seperti cbr1100xx, "berprofil" seperti gsr400, "banana" seperti RS250, atau pro arm seperti ducati 848

    c. sesuaikan model yang disuka dgn motor yg kita punya, pantes apa gk pake swing arm yang dipilih

    SAMPE TITIK INI, KITA HANYA MEMPERTIMBANGKAN MASALAH TAMPILAN TANPA BAGAIMANA CARA PASANGNYA


  4. TEKNIS PEMASANGAN

    Setelah anda punya pilihan beberapa kandidat swing arm yang mau dibeli, baru perhitungkan masalah teknis pemasangan. Ada tips yg sederhana:

    a. cari di internet, ada tidak yang udah pasang swing arm yang dimaksud dgn motor yg sama dgn punya amda, klo ada, terjawab sudah bahwa swing arm yg dimaksud BISA dipasang. masalah mudah atau gk, liat aja populasinya, klo banyak yg pake brarti kemungkinan besar gampang dipasang. Ini cara terbodoh tp terbukti efektif, gk perlu repot2 ngukur2

    b. kalau pun di internet gk ada yang pake swing arm yg dimaksud (mungkin karena langka atau mahal), anda bisa pegang prinsip dasar ini, SWING ARM MOTOR JEPANG, HAMPIR PASTI LBH GAMPANG DIPASANG DR PADA SWING ARM MOTOR EROPA, penyebabnya trutama karena linkage monoshocknya, yang jepang umumnya "normal" pake linkage yg modelnya begitu2 saja, tp klo eropa banyak yg aneh2, misalkan ducati.

    c. masalah "A" atau "H"

    ini selalu jd momok terbesar bagi umat manusia pencinta limbah moge. menurut saya, kalau motor anda model "A", brarti hampir pasti bakal custom rangka, karena bedasarkan pengalaman, jarang skali swing arm moge model A punya lebar lbh kecil dr swing arm asli motor lokal, artinya anda harus berfikir gimana caranya dudukan di rangka bisa muat ni swing arm. Kalo swing arm motor anda model "H", bukan berarti lebih "enak", karena populasi moge dengan swing arm model ini sangat terbatas dibandingkan dengan yang model "A". artinya tidak banyak model yg bisa dipilih. padahal sy pribadi menilai, yang bagus2 justru model "A".

    SAMPE DETIK INI ANDA SUDAH TAU GAMBARAN +/- MASING2 SWING ARM, KALAU MASIH RAGU, BACA POIN TERAKHIR

  5. PRINSIP DASAR MODIFIKASI

    Apa sih esensi modifikasi?
    Pengen tampil beda bukan?
    Pengen motor lebih keliatan ciamik bukan?

Tidak ada "kecantikan" didunia ini yang didapat dengan mudah, semua butuh usaha dan kreativitas. Meskipun mas masih ragu pasang swing arm yg dimaksud ke motor mas karena ada yang bilang susah lah, aneh lah, dll, kembalikan semuanya ke kata hati. Anda mau pake swing arm moge itu tujuannya utk apa....klo memang ingin tampil beda, seharusnya masalah kesulitan pemasangan bukan jd masalah utama, justru anggap sebagai tantangan yang nantinya berujung ke kebanggaan setelah semua terpasang rapi di motor. Yang namanya "MODIFIKASI" ya pasti ada yang diubah, klo hanya kejar PNP aja, sampe kapan pun muter2 di item itu itu aja. Gak usah kuatir, di indonesia banyak modifikator pinter yg lihai pasang part moge dimotor anda. bahkan sy bandingkan dgn "anak-anak bengkel" di jepang, orang2 Indonesia lbh kreatif masang part motor A ke motor B.



"SIAPKAH ANDA UNTUK TAMPIL BEDA?"