Banyak diantara kita yg ketika membeli velg, yg diliat hanya MODEL saja.
Trs sering bandingin harga SELLER A yg kondisi cakramnya udh tipis atau
sproket gk prima dgn harga SELLER B yg sedikit mahal tp cakram super
tebel dan sproket runcing dan gratis ongkir.
Emg gimana caranya milih velg yang baik????
1. velg set 3.5/5,5 ada dikisaran 7jt - unlimited sedangkan velg set
3,5/6 ada di kisaran 7,5jt - unlimited. tergantung kondisi, kelengkapan,
dan merk. Kurang dr itu, anda perlu curiga, pasti ada alasannya.
2. Ketika anda membeli velg, pastikan tu velg TAHUNnya sama dengan
deskripsi pedagang, jangan sampai kena tipu pedagang nakal. Klo gk
yakin, bisa tanya kepada orang2 yg anda anggap kompeten di bidang
per-moge-an. Tips paling gampang, klo seller bilang velg semua original,
CEK MOTIF DAN BENTUK CAKRAMNYA. biasanya moge jepang tiap ganti
seri/facelift, motif cakramnya juga beda. Ini bisa jd petunjuk awal utk
tahu umur velg yg sebenarnya
3. Hindari velg yg cakramnya udh goresan dalem atau berkarat meskipun
keliatan masih tebel. Adanya karat sudah merusak struktur mikro piringan
cakram. Elastisitasannya berkurang dan ada potensi cakram jd
bergelombang suatu saat nanti.
4. Meskipun seolah2 bagus cakramnya, CEK KETEBALANNYA, jauhi velg dgn
cakram depan mendekati 4mm. ZONA MERAH. sudah saatnya diganti tu cakram.
Jangan terkecoh tawaran murah seller karena cakram original itu TIDAK
MURAH. bahkan BREMBO second ada di kisaran 2-3,5jt hanya utk sepasang
cakram.
5. Cek apakah cakram yg nempel divelg yg dijual seller betul2 cakram
asli atau aftermarket abal2. Bisa dilakukan pengecekan dgn membandingkan
gambar di google dgn gambar yg seller kasih. Jangan beli dr seller yg
gk ngerti apakah cakramnya asli apa gk, itu sudah tanda2 klo seller
tersebut ecek2, cari yg lain
6. Cek kondisi bagian bibir velg, jgn sampe ada bekas rekondisi velg
peyang, klo hanya peyang ringan/kecil umumnya gk akan ada bekas, tp klo
parah, biasanya tetep gk bisa sempurna rekondisinya
7. Selalu gunakan asas kehati2an. Beberapa velg dr motor2 langka sering
ditawarkan dlm beberapa merk meskipun modelnya sama. Hati2 dalam
memilih, pastikan harga sesuai dgn merk yg dia maksud, jgn hanya liat
model saja. Ambil contoh velg 1098 ducati, ada 3 macem velg yg umumnya
dijual di pasaran. Enkei (temurah), marchesini by brembo (casting
brembo, berat ala marchesini, lumayan mahal), dan marchesini forged
(super mahal). BENTUKNYA SEMUA SAMA. hanya beratnya saja yg membedakan
nanti. Harga enkei sekitar 70% harga marchesini by brembo. Harga
marchesini by brembo sekitar 70% dari marchesini forged.
8. Bedakan antara velg ALUMUNIUM dan MAGNESIUM. Velg full alumunium
beratnya ada yg ringan banget, tp jangan pernah disamain dgn velg
magnesium. Biasanya komposisi velg magnesium alloy gk hanya PURE
MAGNESIUM tp ada karbonnya juga. Jadi magnesium menyumbangkan sifat
ringan dan elastisnya (kembali ke bentuk semula ketika ada deformasi
kecil) dan karbon menyumbang kekuatan struktur mikronya. Jadi meskipun
beratnya 11-12 dgn alumunium, harga velg magnesium bisa lebih 5 kali
lipat. Serupa tp tak sama. Tp masalah kekuatan, alumunium nampak seolah2
seperti anak TK dihadapan velg magnesium.
9. Hati2 membeli velg yg sudah dicat ulang sm pedagang, apalg dr
pedagang yg blm begitu anda kenal dan tau kredibilitasnya. Banyak kasus
velg dicat ulang utk menutupi beka rekondisi entah bekas peyang parah,
bekas bocel, bekas baret2 dalem, dll. Kelihatannya sepele klo hanya
karena baret di cat ulang, tp gmn klo cat itu menutupi "sesuatu" yg tak
terduga. cari amannya, cari yg catnya original saja. Kalau pun beli eks
motor lama yg catnya udh gk prima, lbh baik tetep cari yg cat
original,nanti silahkan pembeli ngecat sendiri sesuai seleranya, lbh
aman dan tdk seperti beli kucing dlm karung